Blog

Tips Mudik Seru Bersama Rombongan

tips mudik lebaran rombongan

Kenapa Harus Mudik?

Mudik biasanya dilakukan oleh orang-orang yang merantau ke kota-kota besar untuk mencari nafkah. Menjelang lebaran atau hari besar keagamaan lainnya sudah bukan hal yang aneh lagi kita mendengar tentang aktivitas mudik yang dilakukan oleh sebagian besar perantau untuk bertemu dengan keluarga tercinta di kampung halaman. Mudik memang sudah menjadi budaya bangsa kita semenjak dahulu.

Pada musim mudik terjadi, seringkali kita melihat di berita bahwa aktivitas mudik menjadi semacam hal yang tidak menyenangkan bahkan tak jarang kita mendengar kecelakaan yang menimpa pemudik. Tentunya tidak ada seorangpun yang menginginkan hal-hal tidak baik terjadi dalam perjalanan mudiknya.

Tips Mudik Aman dan Menyenangkan Bersama Rombongan

Nah, pada artikel kali ini admin akan berbagi mengenai aktivitas mudik bersama rombongan secara menyenangkan dan lebih mengesankan. Mudik bersama rombongan akan memberikan pengalaman tersendiri, selain itu juga dapat mempererat tali persaudaraan dengan orang-orang yang memiliki tujuan mudik satu daerah.

Jika selama ini Anda melakukan mudik hanya bersama keluarga atau bahkan seorang diri, cobalah untuk merencanakan mudik rombongan bersama-sama orang yang satu daerah asal. Apa salahnya jika merencanakan mudik agar menjadi seperti aktivitas traveling yang menyenangkan. Anda tertarik?

Persiapkan Kepanitiaan Kecil

Bagaimanapun untuk membuat kegiatan mudik rombongan berjalan lancar ada baiknya Anda membentuk panitia. Cobalah mulai menuliskan daftar kepanitiaan, siapa saja orang-orangnya dan apa tugas mereka. Tim ini setidak-tidaknya harus terdiri dari divisi transportasi, konsumsi, dan keuangan. Tapi Anda bisa juga menambahkan divisi lain apabila diperlukan, misalnya ada divisi dokumentasi atau publikasi.

Setelah kepanitiaan terbentuk mulailah rapat kerja untuk membahas time schedule kerja. Menentukan kapan mulai menyebarkan informasi, membuka pendaftaran peserta mudik, dan juga merencanakan kegiatan apa yang akan dilakukan sepanjang perjalanan mudik.

Buat Publikasi Melalui Media Sosial

Setelah kepanitiaan terbentuk, sekarang saatnya Anda menyebarkan informasi mudik rombongan ini kepada orang-orang yang berada di kota Anda dan memiliki tujuan mudik ke daerah yang sama. Di era digital saat ini, cara paling mudah adalah membuat publikasi melalui media sosial. Sebarkan konten media sosial secara konsisten agar mendapatkan jangkauan yang optimal. Jika tim Anda merasa kesulitan, bisa saja menggunakan jasa pembuatan konten media sosial.

Anda dapat membuat akun media sosial mudik rombongan dengan menuliskan identitas wilayah agar menarik perhatian orang-orang yang memiliki kesamaan kampung halaman. Sebaiknya publikasi ini dilakukan sekurang-kurangnya 30 hari sebelum tanggal pemberangkatan mudik. Agar memiliki banyak waktu yang cukup untuk mempublikasikan kegiatan dan merekrut peserta sebanyak-banyaknya.

Buat Seragam Peserta Mudik

Membuat seragam peserta mudik, selain akan menambah rasa kebersamaan juga akan memudahkan kita mengidentifikasi peserta selama perjalanan mudik nanti. Tidak perlu membuat seragam yang mahal, bisa saja Anda membuat seragam kaos yang bertuliskan identitas kegiatan. Sebaiknya pilih warna yang mencolok agar mudah untuk dikenali. Permasalahan warna apa yang cocok, silahkan disepakati oleh para panitia.

Cari Sponsor Kegiatan

Jangan salah lhoo, ada institusi atau lembaga komersial yang tertarik untuk menjadi sponsor kegiatan mudik Anda ini. Bahkan jika Anda lihai bernegosiasi dan memiliki banyak relasi sponsorship bisa jadi setiap peserta tidak dipungut biaya apapun untuk ikut mudik rombongan. Bahkan bisa juga panitia memiliki saldo sisa yang dapat digunakan untuk kegiatan lainnya.

Booking Bus Pariwisata Sesuai Kebutuhan

Selanjutnya adalah memilih bus Pariwisata yang sesuai dengan kebutuhan. Jika jumlah perseta tidak terlalu banyak berkisar kurang dari 50 orang, Anda cukup menyewa bus pariwisata besar satu unit saja. Tapi jika ternyata jumlahnya mencapai ratusan, mungkin Anda perlu menyewa beberapa bus pariwisata besar.

Perihal memilih bus pariwisata, ada baiknya Anda membaca artikel kami sebelumnya yang berjudul “Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Menyewa Bus Pariwisata“. Karena ketepatan Anda dalam memilih bus pariwisata yang tepat dan sesuai kebutuhan adalah hal yang sangat penting bagi perjalanan mudik.

Jangan sampai rencana mudik menyenangkan malah menjadi mudik yang menyebalkan karena Anda salah memilih PO bus pariwisata yang terpercaya.

Mudik Lebih Awal, Singgah Ke Tempat Wisata

Jangan telalu mepet memasuki hari lebaran, ada baiknya mudik dilakukan lebih cepat. Ada beberapa pertimbangan mengapa Anda harus melakukannya. Pertama, demi menghindari kemacetan karena lalu lintas mudik sudah terlalu padat. Kedua, agar Anda dan rombongan memiliki banyak waktu untuk mampir ke tempat wisata yang terlewati saat menuju kampung halaman. Dengan cara seperti ini, tentunya Anda dan rombongan akan memiliki pengalaman yang berbeda dibandingkan mudik tahun-tahun sebelumnya. Karena kegiatan mudik ini terasa lebih menyenangkan dan mengesankan.

Mencari Jasa Bus Pariwisata untuk Mudik Rombongan?

Nah itulah beberapa tips yang bisa admin paparkan untuk memberikan ide dan inspirasi kepada Anda dalam mengelola kegiatan mudik rombongan. Sekali  lagi admin mengingatkan, untuk memilih bus pariwisata sebaiknya jangan dianggap remeh. Karena kendaraan adalah elemen utama yang harus dipastikan aman dan nyaman. Jika Anda masih terbilang awam dan tidak memilih banyak referensi untuk memilih bus pariwisata terbaik, silahkan untuk melihat fasilitas dan pelayanan dari Buana Citra Wisata. Berikut adalah daftar harga bus pariwisata yang berlaku saat ini

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *