Blog

Tips Mengadakan Perjalanan Studi Banding

sewa bus pariwisata

Pentingnya Program Studi Banding

Studi banding seringkali dibutuhkan oleh institusi seperti kampus, kedinasan, perusahaan dan lain-lain. Biasanya studi banding dilakukan dalam upaya peningkatan kualitas SDM instansi tersebut. Salah satu manfaat dari adanya studi banding adalah memberikan pencerahan atau inspirasi kepada personel penggerak suatu institusi agar mendapatkan semangat baru dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Studi banding biasanya dilakukan kepada pihak lain yang serupa dengan instansi Anda, baik dalam maupun luar negeri yang dipandang memiliki tingkat keunggulan lebih tinggi dibanding institusi Anda.

Mengadakan studi banding memang bukan perkara yang mudah. Ada banyak point yang harus diperhatikan agar pelaksanaan studi banding berjalan lancar tanpa ada hambatan yang berarti. Berikut ini adalah tips mengadakan perjalanan studi banding yang bisa Anda perhatikan.

Tentukan goal utama studi banding

Goal utama studi banding sebaiknya mencakup satu divisi, agar proses studi banding bisa lebih fokus dan mendalam. Sebaiknya tentukan terlebih dahulu goal apa yang ingin dicapai institusi setelah perjalanan studi banding dilakukan.

Karena dengan adanya goal yang jelas, semua proses perencanaan haruslah mengarah kepada tercapainya goal tersebut. Panitia penyelenggara studi banding dapat dengan mudah melakukan evaluasi apakah hasil studi banding berdampak sesuai harapan atau tidak.

Setelah goal jelas, barulah Anda dapat menentukan tujuan studi banding yang sejalan dengan goal tersebut. Kebanyakan kegiatan studi banding tidak berjalan lancar bukan semata karena kesalahan teknis di lapangan, tapi juga kelengahan Anda sebagai panitia yang tidak merumuskan goal yang jelas.

Perkirakan waktu tempuh

Tips kedua yang harus difikirkan sebelum mengadakan studi banding adalah dengan menghitung estimasi waktu yang dibutuhkan. Cobalah membuat perkiraan atau bertanya kepada orang yang pernah melakukan studi banding sebelumnya. Berapa lama waktu tempuh untuk menuju tempat tersebut dan juga berapa lama total waktu yang dibutuhkan hingga peserta studi banding kembali ke tempat asal.

Dengan memperkirakan waktu tempuh, Anda dapat mengantisipasi keterlambatan akibat trafik perjalanan yang padat. Manfaat lainnya dengan memperkirakan waktu tempuh adalah Anda dapat lebih efisiensi memperhitungkan budget makan selama perjalanan. Apakah selama dalam perjalanan harus ada jam makan siang atau tidak.

Pastikan Penginapan Tersedia

Ada atau tidaknya penginapan peserta selama berada di sekitar lokasi studi banding harus dipastikan jauh-jauh hari sebelumnya. Jika kegiatan studi banding Anda memakan waktu lebih dari 24 jam, sebaiknya harus menginap di penginapan atau hotel terdekat.

Anda dapat mencari informasi penginapan yang berada dari sekitar lokasi tempat studi banding melalui internet atau aplikasi pemesanan hotel. Coba cek apakah penginapan tersebut dapat menampung seluruh peserta studi banding atau tidak.

Persiapkan Bus atau Pesawat

Jika lokasi studi banding masih di dalam provinsi, bisa saja Anda menggunakan bus untuk mengangkut peserta menuju tempat studi banding. Namun jika di luar kota, apalagi luar pulau sebaiknya menggunakan pesawat agar perjalanan lebih cepat dan hemat waktu.

Adapun untuk memilih bus terbaik, Anda dapat terlebih dahulu menghitung berapa total peserta setudi banding yang akan diberangkatkan. Kemudian, kejelian Anda dalam memilih PO bus pariwisata terbaik dengan fasilitas bus layak jalan menjadi faktor selanjutnya yang juga tak kalah pentingnya harus Anda persiapkan.

Salah satu perusahaan perseorangan yang bergerak dalam penyewaan bus pariwisata di Jakarta, Buanacitrawisata.com adalah PO transportasi yang sudah berpengalaman selama berpuluh-puluh tahun. Menariknya lagi, bus yang dimiliki adalah bus milik sendiri.

Jangan sampai Anda menyewa bus pariwisata tapi melalui perantara. Selain memiliki resiko miss communication yang lebih besar, Anda juga akan membayar harga yang lebih mahal. Karena ada fee calo yang harus Anda bayar dalam menyewa bus pariwisata.

Kesimpulan

Studi banding memiliki banyak manfaat yang positif untuk suatu institusi. Selain manfaat secara kelembagaan ada juga manfaat secara personal yang akan membuat mereka semakin akrab. Mengadakan studi banding memang mudah akan tetapi jika Anda baru pertama kali akan mengadakannya, tidak ada salahnya bertanya kepada yang sudah pernah melakukannya.

Dari sekian banyak point penting yang harus diperhatikan ketika Anda akan menyelenggarakan studi banding, faktor kendaraan, misalnya bus, kebanyakan orang tidak mengetahui dimana cara mendapatkan bus pariwisata yang murah namun pelayanan ramah.

Perencanaan yang matang, memang tidak bisa menjamin 100% kegiatan studi banding terlaksana tanpa hambatan. Namun setidaknya, ketika Anda sudah memiliki rencana, tidak akan terlalu kaget dan kebingungan ketika kemudian ada hambatan baru yang diluar perencanaan.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Kata Kunci Pencarian:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *